Sabtu, 17 Mei 2014

It’s okay baby, mom knows anything.

Diposting oleh cynthiamaydee di 06.58
Ibu. Well aku memangil sosok wanita paling berharga di hidupku itu, Mama.

Orang bilang ibu akan selalu tahu apa yang terjadi pada anaknya, bagaimana kerasnya sang anak menyembunyikan itu. Ma, apa mama seperti itu?


Dulu sewaktu aku masih berseragam biru-putih, apa mama tahu maksud dari rentetan ceritaku tentang sosok laki-laki yang ku sebut dengan ‘temaeku itu lho ma...’ ? Apa mama langsung mengerti dia adalah seseorang yang kusukai ma? Saat laki-laki itu mengantarku pulang, menjemputku, dan mengajaku pergi apa mama langsung tahu bagaimana berbunganya perasaanku saat itu? Saat aku bingung mencari pakaian yang cocok dan tergesa-gesa seolah waktuku habis, apa mama tahu itu sebuah kebahagian tersendiri anakmu ini ma?

Beranjak SMA, anakmu mengurangi ceritanya tentang laki-laki itu. Dan ia mulai memiliki bahan cerita lain.

Ma apa kau tahu siapa laki-laki yang berani menelfon anakmu malam-malam dan menghabiskan lebih dari satu jam untuk bercakap dengan anakmu? Mama pasti mengerti. Ma, apa mama tahu bagaimana tingkah anakmu setelah akhir november itu? Bagaimana anakmu tersenyum sendiri tiap malamnya, bagaimana anakmu bertelfon-telfonan dengan laki-laki sebelum tidur. Apa mama langsung tahu bahwa terjadi sesuatu di antara anakmu ini dengan laki-laki itu?

Suatu sore, di mana pukul 5 anakmu belum juga memberi kabar sepulang sekolah. Apa mama tahu bahwa anakmu ini sedang berjalan berduaan dengan tangan bertautan menyusuri jalanan malioboro menuju alun-alun. Apa mama tahu juga bahwa saat pukul 7 malam anakmu belum pulang hanya gara-gara menikmati angin malam di atas motor yang melaju di jalanan jogja pada sabtu malam?

Anakmu bangun pagi-pagi padahal sekolah libur dan bergegas menuju suatu tempat dengan ijin ke sekolah, apa mama tahu saat itu anakmu menemui pujaan hatinya dan menghabiskan sepanjang pagi bersamanya di suatu minimarket?

Anakmu yang tidak pernah lepas dari ponsel tiba-tiba sedikit merenggang dengan ponselnya, apa mama tahu itu sebuah kode bahwa terjadi sesuatu antara anakmu dengan laki-laki pujaannya?

Terlebih suatu minggu saat mama dan anakmu ini pergi berbelanja di mall, betapa senyum anakmu ini mengembang cantik saat sebuah sepatu berhasil didapatnya. Anakmu mengajakmu ke sebuah toko aksesoris namun karena lelah kau memilih menunggu di luar. Kau berusaha sibuk memerhatikan orang-orang yang berlalu lalang dan tidak mengerti apa yang terjadi pada anakmu di dalam sana. Kau hanya mengerti anakmu keluar toko dengan mata sembab dan suara bergetar. Saat kau mencoba menyentuh tubuhnya, tubuhnya juga bergetar hebat. Apa kau tahu ma, anakmu tergoncang hebat saat itu? Kau tidak berkata apa-apa namun kau mencoba menghibur anakmu itu. Di motor sayup-sayup kau pasti mendengar isak tangis anakmu. Apa kau juga menangis ma di depan? Hati anakmu tergores ma, sakit sekali rasanya. Anakmu tidak ingin merasakan seperti ini lagi ma, anakmu gagal menjalin sebuah hubungan. Dan itu rasanya sakit ma, anakmu tersakiti.
Sejak saat itu baik anakmu maupun kau ma, tidak pernah mengungkit nama laki-laki mantan pujaan hati anakmu. Apa kau tahu ma semua terakhir berakhir?


Ya, mama pasti tahu semuanya. Semuanya.

Tertanda,
Author

#160514

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cynthiamaydee's Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review